Home>  Article> article
54d2d9d714364d476ccfe438_news-detail.jpg

Kehamilan dan Pasien Ginjal Kronik

August 12, 2016

Dahulu ada pendapat bahwa perempuan penderita penyakit ginjal sebaiknya menghindari kehamilan. Bayi dipercaya akan kurang baik dan penderita penyakit ginjal di sarankan melakukan terminasi kehamilan.

Setelah 1975, banyak publikasi studistudi mengenai kehamilan dengan penyakit ginjal yang dikonfirmasi dengan biopsis ginjal, penyakit ginjal juga dapat mempengaruhi kehamilan,kehamilan juga dapat mempengaruhi perkembangan penyakit ginjal, dan kehamilan sendiri dapat menyebabkan ganguan ginjal.

 

FUNGSI GINJAL DALAM KEHAMILAN

Dalam Kehamilan, kadar kreatinin diatas 75 umol/L danurea di ats 4,5 mmol/L Merupakan indikasi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Infeksi Saluran Kemih

Bakteririurea asimtomatik ditemukan pada 2% wanita seksual aktif, dan lebih umum (mencapai 7%) selama kehamilan. Bakteriurea asimtomatik dan infeksi saluran kemih (UTI) pada kehamilan harus di obati dengan antibiotik.

 

Kehamilan pada Pasien Gagal Ginjal

Wanita hamil dengan penyakit ginjal harus ditawari konseling pra-kehamilan dan penilian oleh tim multidisiplin (yang mencakup dokter kandungan,dokter ginjal/obsteri dan bidan Spesialis) kehamilan sangat jarang pada wanita dengan stadium akhir gagal ginjal pada tahap dialisis, untuk berbagai alasan pada wanita hamil dengan penyakit ginjal, target tekanan darah harus di bawah 140/90mm HG.

 

Kehamilan Dipengaruhi Penyakit Ginjal.

Perempuan diduga memiliki penyakit ginjal pada kehamilan harus dirujuk ke nephrologist. Kehamilan itu sendiri dapat menyebabkan gagal ginjal akut dan penyakit ginjal dapat terjadi pada kehamilan, Hal-hal yang berhubung dengan dengan penyakit ginjal tertentu dalam kehamilan, Refluks nefropati, Transplantasi ginjal penerima, peningkatan risiko keguguran pada trimester pertama, peningkatan risiko hipertensi serta prematur

 

Manajemen Gagal Ginjal pada Kehamilan.

Dialisis dan transplantasi ginjal merupakan pilihan pengobatan pada wanita hamil dengan gagal ginjal. Dialisis dini sangat diperlukan pada wanita hamil dengan gagal ginjal dan harus dipertimbangkan ketika kreatinin serum mencapai 3,5mg/DL atau filtrasi glomerular(GFR)kurang dari20 mL/Menit.Persalinan prematur dan ukuran janin yang kecil untuk usia kehamilan khas pada wanita dialisis.

 

Transplantasi Ginjal.

Transplantasi mengembalikan kesuburan, meskipun sebagian besar wanita dengan transplantasi ginjal dapat berhasil, ada risiko tinggi keguguran, aborsi terapeutik. Pedoman kehamilan pada penerima transplantasi ginjal adalah meliputi: dua tahun pascaplantasi, dengan kesehatan umum yang baik dan tingkat kreatinin serum kurang dari 2,0mg/dL(sebaiknya<1,5mg/DL).

 

  • Hou S. Pregnancy in Chronic renal insufficiency and endstage renal disease. Am J kidney Dis 2007
  • Friedman JM. ACE inhibitors and congenital anomaleis.N Engl J Med 2006
  • Renal Disease in pregnancy, Royal collge of Obstetricians and Gynaecologists, June 2008


<< Back