Home>  Article> article
54d2d9d714364d476ccfe438_news-detail.jpg

Hati-Hati Obesitas adalah Penyebab Penyakit Ginjal!

February 6, 2017

Hati-Hati Obesitas adalah Penyebab Penyakit Ginjal! Obesitas dapat memicu diabetes dan hipertensi dimana keduanya merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

Pada tahun 2014, Menurut WHO tercatat lebih dari 1,9 miliar orang dewasa (18 tahun keatas) mengalami kegemukan, dan diantaranya 600 juta orang menderita obesitas. Obesitas dapat didefinisikan sebagai akumulasi lemak yang sangat berlebihan dimana berisiko bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dapat menimbulkan beberapa komplikasi yang diantaranya dapat membahayakan nyawa, seperti penyakit jantung, ginjal, diabetes, hipertensi dan lain-lain.

 

Hubungan Obesitas dengan Penyakit Ginjal

Obesitas akan meningkatkan risiko terkena diabetes atau tekanan darah tinggi/hipertensi, dimana kedua hal ini merupakan penyebab utama dari penyakit ginjal dan gagal ginjal.

Penyakit Ginjal Kronis yang disebabkan oleh diabetes disebut dengan diabetes nefropati. Tingginya kadar gula dalam darah akan menyebabkan kerusakan yang tidak terkendali pada pembuluh darah kecil di ginjal, sehingga proses filtrasi pada ginjal terganggu. Kerusakan ini mengakibatkan turunnya fungsi ginjal yang disebabkan oleh ginjal yang bekerja terlalu keras dalam menyaring darah. Tanda pertama dari kerusakan ini yaitu adanya kandungan albumin (sejenis protein darah) dalam urin. Albumin dapat terdeteksi dengan urine strip test atau dipstick. Jika sudah terdapat albumin dalam urin, cek darah diperlukan untuk mengetahui fungsi ginjal (eGFR). Sehingga dapat segera ditangani dan diobati.

Hipertensi merupakan istilah medis dari tekanan darah tinggi. Bagi kebanyakan orang, tekanan darah 140/90 atau lebih sudah tidak normal. Hipertensi dapat menyebabkan penyakit jangka panjang dan komplikasi ke jantung, mata dan ginjal. Tanpa disadari kerusakan ini akan terus menerus terjadi dalam beberapa tahun. Hipertensi mengakibatkan rusaknya pembuluh darah kecil yang ada pada ginjal, sehingga  banyak sel pada ginjal yang mati.9 dari 10 orang dengan penyakit ginjal kronis tahap 3-5 memiliki tekanan darah yang tinggi. Mengontrol tekanan darah dengan medikasi dan perubahan gaya hidup membantu mengurangi kerusakan ginjal lebih lanjut. Inilah mengapa sangat penting bagi orang yang menderita hipertensi, diperiksa untuk penyakit ginjal.

Obesitas sering menuntun kepada penyakit diabetes dan hipertensi. Berdasarkan statistik tahun 2011, Gagal Ginjal yang disebabkan oleh kasus diabetes yaitu sebesar 44% dan kasus hipertensi sebesar 28%. Keduanya merupakan penyebab terbesar dari penyakit ginjal kronik atau gagal ginjal. Dengan edukasi dan kesadaran sejak dini mengenai risiko dari obesitas dan dengan pola hidup sehat serta nutrisi yang cukup dan olahraga teratur,  akan sangat membantu dalam pencegahan akan obesitas dan penyakit ginjal.

 

Obesitas Penyebab Penyakit Ginjal? YA!


<< Back